Berbeda Awal Ramadhan

0
86

๐•ƒ๐•–๐•Ÿ๐•ค๐•’ ๐•๐•ฆ๐•ฃ๐•Ÿ๐•’๐•๐•š๐•ค๐•ฅ๐•š๐•œ ๐•€๐•ค๐•๐•’๐•ž๐•š

๐€๐–๐€๐‹ ๐‘๐€๐Œ๐€๐ƒ๐‡๐€๐ ๐€๐Š๐€๐ ๐๐„๐‘๐๐„๐ƒ๐€ ๐‹๐€๐†๐ˆ

๐™Ž๐™ช๐™› ๐™†๐™–๐™จ๐™ข๐™–๐™ฃ

Siapa dulu dong penghuni negeriku.

Bukan bumiputra namanya kalau tidak doyan berbeda satu sama lain.

Sejak dulu, pemukim negeri-ku terkenal โ€˜๐šœ๐šž๐š”๐šŠ ๐š‹๐šŽ๐š›๐š‹๐šŽ๐š๐šŠ ๐š™๐šŠ๐š—๐š๐šŠ๐š—๐š๐šŠ๐š—โ€™, khususnya menjelang ๐’‚๐’˜๐’‚๐’ ๐‘น๐’‚๐’Ž๐’‚๐’…๐’‚๐’ setiap tahunnya.

Mereka jago berselisih paham,

Santer kontradiktif,

Lantang bertelingkah,

Divergen ๐˜ข๐˜ญ๐˜ช๐˜ข๐˜ด gemar berseberangan ๐’‚๐’˜๐’‚๐’ ๐‘น๐’‚๐’Ž๐’‚๐’…๐’‚๐’, khususnya yg tidak se-organisasi.

Yang tdk sealiran dan tidak se-dekorasi.

Itulah karakter ๐˜ฑ๐˜ถ๐˜ข๐˜ฌ-puak bangsaku.

Dari Sabang (berkulit putih) hingga ujung Timur pulau Merauke (berkulit hitam), gemar beradu lidah alias bercakar-cakaran.

Suka berseteru perihal ๐’‚๐’˜๐’‚๐’ ๐‘น๐’‚๐’Ž๐’‚๐’…๐’‚๐’.

Coba Bayangkan!

๐‘ฏ๐’Š๐’๐’‚๐’๐’๐’š๐’‚ ๐’”๐’‚๐’Ž๐’‚, ๐’Œ๐’๐’Œ ๐’‚๐’˜๐’‚๐’ ๐‘น๐’‚๐’Ž๐’‚๐’…๐’‚๐’ ๐’ƒ๐’Š๐’”๐’‚ ๐’ƒ๐’†๐’“๐’ƒ๐’†๐’…๐’‚โ€ฆ!!!

Aku menduga ini selamanya pasti akan terjadi: ๐˜”๐˜ข๐˜ฏ๐˜ฏ๐˜ฆ๐˜ฏ๐˜ฏ๐˜ถ๐˜ฏ๐˜จ๐˜ฆ๐˜ฏ๐˜จ.

Boleh jadi besok kiamat dunia, se-bangsaku masih berbeda ๐’‚๐’˜๐’‚๐’ ๐‘น๐’‚๐’Ž๐’‚๐’…๐’‚๐’ seperti saat ini.

Berhubung perbedaan ๐’‚๐’˜๐’‚๐’ ๐‘น๐’‚๐’Ž๐’‚๐’…๐’‚๐’ ini sudah muncul sejak lama, sehingga tidak sedikit pribumi menganggap sesuatu yang lumrah dan wajar saja terjadi.

Idealnya, setiap masalah sensitif menyangkut kepentingan orang banyak, semestinya keputusan Penghulu Butala menjadi solusi untuk ditaati.

Apalagi jika hal tersebut berpeluang mengundang aneka permasalahan dan perselisihan di tengah masyarakat.

Dalam kaidah fiqhiyyah: ๐˜๐˜ถ๐˜ฌ๐˜ฎ๐˜ถ ๐˜ข๐˜ญ-๐˜ฉ๐˜ข๐˜ฌ๐˜ช๐˜ฎ ๐˜ช๐˜ญ๐˜ป๐˜ข๐˜ฎ ๐˜ธ๐˜ข ๐˜บ๐˜ข๐˜ณ๐˜ง๐˜ขโ€™๐˜ถ ๐˜ข๐˜ญ-๐˜ฌ๐˜ฉ๐˜ช๐˜ญ๐˜ข๐˜ง (Keputusan Penghulu Zamin itu mengikat (wajib dipatuhi) dan menghilangkan silang pendapat).

Hanya saja di negeriku banyak ๐˜ต๐˜ข๐˜ถ ๐˜ฎ๐˜ข๐˜ค๐˜ค๐˜ข ๐˜ด๐˜ข๐˜ญ๐˜ข-sala (Bugis).

๐˜”๐˜ข๐˜ต๐˜ต๐˜ข๐˜ญ๐˜ข๐˜ฑ๐˜ฑ๐˜ฆ๐˜ณ๐˜ฆ ๐˜ต๐˜ข๐˜ถ ๐˜ฌ๐˜ฆ๐˜ฅ๐˜ฅ๐˜ฐ/๐˜ฌ๐˜ข๐˜ฅ๐˜ฅ๐˜ฐ๐˜ณ๐˜ฐโ€™ (Bugis/Makassar). Biar bukan otoritasnya, berfatwa pula.

Inilah ๐˜ฏ๐˜ข๐˜ต๐˜ช๐˜ซ๐˜ข๐˜ฉ-nya perbedaan ๐’‚๐’˜๐’‚๐’ ๐‘น๐’‚๐’Ž๐’‚๐’…๐’‚๐’ semakin mencolok & mengaga, karena tidat mengembalikan ketetapannya kepada Penghulu Mayapada.

๐๐ž๐ซ๐›๐ž๐๐š๐š๐ง ๐€๐๐š ๐‰๐ฎ๐ ๐š ๐’๐ข๐ก ๐๐จ๐ฌ๐ข๐ญ๐ข๐Ÿ๐ง๐ฒ๐š

Ya, perbedaan itu diakui algoritmanya banyak juga hikmahnya.

Perbedaan terjelma agar sepayung Nusantara bisa saling menghargai.

Perbedaan terjadi supaya kita sama-sama menghormati, saling memahami bahkan saling melengkapi.

Memang, perbedaan tidak harus dipaksa sama. Perbedaan harusnya mencipta tenggang rasa.

Itulah perspektif mazhab positif.

Alasannya, asal muasal dari perbedaan, โ€˜saling mem-๐˜ฃ๐˜ข๐˜ค๐˜ฌ ๐˜ถ๐˜ฑ & merapatkanโ€™, bukan baku memblokir & memunculkan perpecahan.

Lantas,

Apakah setiap menjelang awal puasa, ๐‘ฏ๐’Š๐’๐’‚๐’๐’๐’š๐’‚ ๐’”๐’‚๐’Ž๐’‚ harus disikapi ๐’ƒ๐’†๐’“๐’ƒ๐’†๐’…๐’‚ ๐’‚๐’˜๐’‚๐’ ๐‘น๐’‚๐’Ž๐’‚๐’…๐’‚๐’ secara terus menerus โ€ฆ???

Ditunggu respon pembaca.

๐Ÿ๐ŸŽ ๐Œ๐š๐ซ๐ž๐ญ ๐Ÿ๐ŸŽ๐Ÿ๐Ÿ’

ddi abrad 1