Madrasah Ramadhan

0
34

Lensa Jurnalistik Islami

MADRASAH RAMADHAN

Suf Kasman

Syahrul Ramadhan identik degan Madrasah Ramadhan.

Banyak proses pendidikan yang terjadi di bulan Ramadhan bila seorang Muslim sungguh-sungguh menekuninya.

Sudah menjadi tradisi & leluri bahwa Madrasah Ramadhan merupakan momentum untuk memperluas dan memperdalam ilmu-ilmu agama.

Madrasah Ramadhan  disebut pula dengan Syahru at-Tarbiyyah (bulan Pendidikan), karena ketika berpuasa seseorang akan di didik dan dilatih berbagai hal, diantaranya pendidikan kedisiplinan, kejujuran, mengekang hawa nafsu, empati dan kepedulian sosial.

Para Muballigh/Mubalighah hadir di masjid-masjid membawakan tausiah/kultum, kurang lebih 60an judul materi dakwah selama bulan Ramadhan.

Belum termasuk tadarus Al-Quran, tentu memberi hikmah menemukan khazanah Islam berurat berakar nan amat komprehensif.

Majelis ilmu menjamur di mana-mana serta terdedahnya banyak kesempatan untuk mengeksplorasi ilmu agama pada Madrasah Ramadhan ini, seyogianya tidak disia-siakan oleh umat Islam.

Di layar kaca pun kerap kali mewujudkan program ceramah agama yang dikemas dengan ringan, diselingi lagu-lagu religi setiap momentum Madrasah Ramadhan.

Hampir semua stasiun televisi berkonkurensi menggelar acara siraman rohani dalam menyiarkan beragam paham keagamaan yang sejuk kepada pemirsa di negeri ini.

Sebagian besar narasumber mengulas seputar tasawuf terkait hikmah, dan puasa Ramadhan.

Madrasah Ramadhan  betul-betul memikat naluri hati umat Islam untuk menyelami dimensi ilmu-ilmu agama. Hal itu sungguh menawarkan fitrah kehidupan umat menjadi lebih suci, seraya memperbaiki citra diri baik secara jasmani maupun rohani.

Jika menggali ilmu agama pada bulan-bulan biasa saja memiliki banyak eminensi dan idiosinkrasi, apatah lagi pada Madrasah Ramadhan sudah pasti juga dilipatgandakan pahalanya.

Saudaraku,

Mulailah belajar memahami pernak pernik ilmu agama di Madrasah Ramadhan  ini.

Ilmu yang dipelajari di Madrasah Ramadhan  adalah cahaya kehidupan menjadi penerang dalam gelapnya kehidupan.

Begitu luas untuk dijelajahi, ilmu bagaikan petunjuk.

Madrasah Ramadhan  merupakan tempat belajar menuntut ilmu meraih cita kebahagiaan akhirat.

𝟎𝟕 𝐑𝐚𝐦𝐚𝐝𝐡𝐚𝐧 𝟏𝟒𝟒𝟓 𝐇