Dua Adzan di Haramain

0
233

Saefullah Kamalie menulis, satu jam sebelum masuk waktu salat Subuh dan satu jam sebelum masuk waktu salat Jumat, selama saya berada di Arab Saudi ini, baik ketika berada di Madinah maupun di Mekkah, selalu dikumandangkan azan. Azan pertama ini berfungsi sebagai pemberitahuan agar warga segera bersiap-siap.

Ketika di kampung puluhan tahun yang lalu, saya masih ingat suara bedug yang bertalu-talu yang disebut “bedug dawuh” yang juga berfungsi memanggilnya kaum Muslimin untuk segera bersiap-siap pergi Jumatan.

Setahu saya, di Indonesia, khusus untuk hari Jumat, ada dua versi tentang azan sebelum khutbah, ada yang hanya satu kali yaitu setelah khatib naik mimbar dan mengucapkan salam, dan ada yang dua kali. Azan pertama dikumandangkan sebelum khatib naik mimbar.

Jarak antara dua kumandang azan itu hanya beberapa menit, padahal azan pertama itu berfungsi sebagai pemberitahuan atau undangan untuk segera datang ke masjid. Ketika azan pertama dikumandangkan, biasanya masjid sudah penuh. Fungsi azan pertama ini terasa hilang.

Apakah di masjid tempat Anda tinggal masih ada yang masih memfungsikan azan pertama sebagai pemberitahuan atau undangan yang dikumandangkan satu jam sebelum masuk waktu salat? Wallahu a’lam