Terapi Maaf

0
221

Saya yakin Anda kerap mendapat ucapan momen hari raya โ€œ๐™ˆ๐™ค๐™๐™ค๐™ฃ ๐˜ฟ๐™ž๐™—๐™ช๐™ ๐™–๐™ ๐™–๐™ฃ ๐™‹๐™ž๐™ฃ๐™ฉ๐™ช ๐™ˆ๐™–๐™–๐™› ๐™Ž๐™š๐™ก๐™ช๐™–๐™จ-๐™‡๐™ช๐™–๐™จ๐™ฃ๐™ฎ๐™–โ€. Entah adagium itu muncul sebelum lebaran atau pasca hari kemenangan.

Ucapan itu biasanya dari kawan melalui WAG via hp yang sifatnya generic (ditujukan untuk umum). Bahkan ada juga hanya memfoward gambar dan teks dari orang lain (copy paste), seolah tak ada sentuhan personal dan aura sama sekali.

Bukankah perangai ini hanya membuang-buang waktu saja alias basa-basi belaka?

Iya, sepertinya membiarkan energi tergerus tanpa efek?

Mengapa bisa demikian?

Sebab memohon & membalas ucapan โ€˜maafโ€™ sifatnya generic tanpa jelas kepada siapa diarahkan & dialokasikan taklimatnya.

Minta maaf kok gak jelas destinasinya.

Mereka menunggu amnesti dan belas kasihan pada publik, tapi tidak transparan haluan tembaknya.

Tidak eksplisit didistribusikan untuk siapa kisanak-nya.

Percumee…, kata Upin & Ipin, saudara kita di negeri Jiran (Malaysia).

Mungkin ini yang disebut jelmaan putih dan hitam.

Sebongkah racikan kata-kata indah terukir di kaca jendela, tapi buram.

Jejeran โ€œlarik-larik alegorinyaโ€ entah siapa ditujukan.

Maaf merupakan ungkapan penyesalan hati atas kekhilafan yang telah dilakukan.

Dalam KBBI, kata โ€œmaafโ€ terpahat sebagai pembebasan seseorang dari hukuman dan penyesalan. Ketika seseorang mengatakan โ€œแด€แด…แด…แด€แด˜แด‡ษดษขแด‡ษดษขษดษขแด€โ€™ ษดแด…ษชโ€, berarti orang tersebut ingin terbebas dari ๐‹๐Ž๐๐๐Ž ๐๐€ ๐€๐“๐€๐’๐’๐€๐‹๐€๐๐† ๐๐€ (beban hukuman atau kesalahan).

Biasanya, maaf diucapkan karena dua hal. ๐™‹๐™š๐™ง๐™ฉ๐™–๐™ข๐™–, benar-benar menyesal dan yang ๐’Œ๐’†๐’…๐’–๐’‚ untuk meredam masalah.

Seringkali orang meminta maaf karena ingin menumpas ion-ion masalahnya, banyak menganggap maaf dapat menyelesaikan masalah. Ternyata, permintaan maaf dalam circle ini justru menimbulkan kerumitan & kekusutan baru. Memang, masalah dan rintangan tak akan pernah berhenti menghampiri anak cucu Adam!

Meminta maaf atas kesalahan yang diperbuat adalah suatu sikap dewasa yang bijak dan dianjurkan oleh agama.

Dengan meminta maaf seseorang telah menunjukkan benar-benar menyesali perbuatannya.

Terkadang seseorang meminta maaf pada kawannya, bukan karena ia punya salah, tapi karena ia tak ingin menyakiti orang-orang yang ia sayangi.

Syahdan, minta maaf memang berat untuk dilakukan. Dalam banyak referensi selevel โ€œLontarak Bugisโ€ dikatakan bahwa ๐— ๐—”๐—ฅ๐—”๐—๐—” ๐—”๐——๐——๐—”๐— ๐—ฃ๐—˜๐—ก๐—š hanya dimiliki oleh satuan adiluhung dan para sang juara sejatiโ€.

Mengaku salah diiringi permohonan maaf, pertanda jiwa ksatria nan elegan. Berani mengubah kesalahan ke arah perbaikan merupakan langkah awal menuju kejayaan!

Aku yakin, masa depan tergantung pada catatan permintaan maaf yg saling mengikhlaskan. Hanya saja tidak sedikit orang berjabatan tangan sebagai wujud saling maaf memaafkan, tapi tidak menghadirkan hatinya untuk ikut bersalaman.

Intinya adalah seseorang yang pernah berbuat salah, harus secara jantan mengakuinya dan meminta permohonan maaf.

ddi abrad 1