Tips Murah Rezki, Panjang Umur & Jauh dari Musibah

0
216

Hal tersebut disampaikan oleh Almukarram Anre Gurutta Mangkoso : AG. Prof Dr. H. M. Faried Wadjedy, Lc. MA dalam hikmah Halal Bi Halal, di Masjid Nurul Huda Madining, Kel. Attang Salo, Kec. Marioriawa, Kab.Soppeng, Sabtu malam, 6 Mei 2023. Pelaksananya Three in one : Iksadas ( Ikatan Santri DDI Mangkoso Asal Soppeng ), IADI Mangkoso Kab. Soppeng ( Ikatan Alumni ) dan Pengurus Masjid Nurul Huda Madining.

Untuk mencapai hal tersebut, solusinya adalah Takwa dan Silaturrahim, ucap gurutta saat menyampaikan makna hadis Rasulullah saw. tentang kemuliaan Hablom minallah dan hablom minannaas.

Halal bi halal, bermakna halalkan/ maafkan kesalahan dan dosa saya kepada anda, dan saya pun, akan menghalalkan dosa dan kesalahan anda kepada saya. Istilah ini adalah Made in Indonesia, kalau di negara Arab, dinamakan Silaturrahim. Dalam Bahasa Bugis, dinamakan Sumpung Lolo.

Jadi Kegiatan Halal bi halal, adalah Silaturrahim yang diacarakan, urai Anre Gurutta Pimpinan PP DDI Mangkoso.

Ada 3 macam pintu rezki yang diberikan Allah swt, kepada hamba-Nya.

Pertama, melalui usahanya.

Kedua, melalui silaturrahim.

Ketiga, langsung dari Alllah swt. yang ia tidak sangka sangka.

Almukarram juga memberikan tips untuk terhindar dari segala kesusahan dimudahkan dari segala kesulitan, untuk jodoh dan memperoleh keturunan, adalah dengan memperbanyak membaca Istigfar, kunci Ketua Dewan Pertimbangan MUI Sul Sel.

Hadir Wakil Bupati Soppeng : Drs. H. Lutfi Halide, M.Si, Kapolres Soppeng diwakili Kompol H. Syamsuddin, S.Ag.,( Kabg.Ops.), Kepala Kemenag Soppeng diwakili Kasi Haji : Dr. H. Musriadi, S.Ag. MH., Camat Marioriawa, Danramil dan Kapolsek, Kepala KUA Marioriawa : H. Muh. Yunus, S.Ag.M.Pd.I, Ketua Pengurus Daerah DDI Kab.Soppeng : Drs. Latang, M.Pd.I, Ketua Ikatan Alumni DDI Mangkoso , Kab. Soppeng ( IADI ) : Dr. H. Andi Muhammad Akmal, S.Ag. M.H.I., Ketua Pengurus Masjid Nurul Huda : H. Waqid Syahid, Para Pembina Iksadas, Ketua Bakordas : Ahmad Rasyid A.Said, M.Pd, & Sek. Herman Tabi, M.Pd., Para Orang tua Santri, Imam Masjid, Majelis Taklim, Santri Santriwati PP DDI Mangkoso dan Jemaah Masjid.

Salah satu indikasi krisis ummat saat ini adalah, signifikannya persentase penghuni Rutan atau Lapas, karena Narkoba. Demikan pula, angka perceraiaan yang tinggi, ini bermakna rapuhnya keutuhan rumah tangga.

Hal ini perlu upaya bersama, Pemerintah bersama ormas dan warga masyarakat untuk mengantisipasinya. Inilah salah satu gunanya kita berhalal bi halal, untuk saling bertemu muka, mendapatkan solusinya untuk ucap Wakil Bupati dalam sambutannya.

Yang mewakili Kepala Kemenag Soppeng, menyampaikan agar masyarakat hati hati dan menjauhi paham yang menyimpang dari akidah dan amaliyah ahlus sunnah wal jamaah.

Hal ini akan merusak tatanan dan kebersamaan yang sudah terjalin selama ini. Salah satu indikasinya, sering menyalahkan dan membid’ahkan amalan khilafiyah ummat bahkan ada yang mengkafirkan. Milikilah moderasi dalam beragama, kata Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah.

Sebagai bakti dan terima kasih alumni kepada Gurutta, para pembina dan almamater, maka para Alumni PP DDI Mangkoso menghimpun diri dalam organisasi IADI, Ikatan Alumni PP DDI Mangkoso, dari Pusat, Provinsi sampai pengurus IADI Daerah, sepertilah IADI Kab.Soppeng. Ada juga segmen Alumni, berdasarkan profesi seperti Idaman ( ikatan Dosen Alumni Mangkoso ), ada juga segmen alumni berdasarkan angkatan dan lintas angkatan. Kegiatan Halal bi Halal Iksadas, kerja sama alumni dan orang tua santri ( Posdi ), ini terlaksana sejak tahun 1989 sampai saat ini, kata Dr. Andi Akmal, Ketua IADI Soppeng, Dosen FSH UIN Alauddin Makassar.

Perwakilan santri Iksadas menampilkan pidato 4 (empat) bahasa; Arab, Inggris, Indonesia dan Bugis.

Pidato Bahasa Arab oleh santriwati RAHMA MUTIARAMADHANI santriwati kelas VII MTs Putri DDI Mangkoso, anak dari bapak ABD. RAHMAN & ibu RAMLAWATI, asal Polewali.

Pidato Bahasa Inggris oleh santriwati NUR ANNA ALTHAFUNNISA santriwati Madrasah I’dadiyah Bululampang, Anak dari bapak HAIRUDDIN, SE. & ibu ASNANI, S.Ip. ,asal Watansoppeng.

Pidato Bahasa Indonesia oleh santriwati ANDI AUFA AFIFAH REZKY santriwati Madrasah I’dadiyah Bululampang, anak dari bapak ANDI TAKDIR, S.KOM & ibu WARNI, SE, M.Si, asal Watansoppeng.

Pidato Bahasa Bugis oleh santri WILDAN FIRDAUS santri Madrasah I’dadiyah Kampus 2 Tonronge, Anak dari bapak HEMMANG & ibu SAHIDAH, asal Gattareng.

Panitia pelaksana memberikan cendera mata kepada Wakil Bupati Soppeng, Almukarram PP DDI Mangkoso, Kepala Kemenag Soppeng, Ketua IADI Soppeng dan Ketua Pengurus Masjid Nurul Huda Madining, diserahkan oleh Pembina Ordas Iksadas : H. Muzakkir, S.Ag.MA.

Kabag.Ops. Polres Soppeng, Kasi Haji Kemenag Soppeng dan Kepala KUA Marioriawa, ketiganya adaah alumni PP DDI Mangkoso. Acara diakhiri dengan ramah tamah, salaman dan foto bersama.