Video: Pertanyaan G. Safaruddin Latief Dijawab Direktur Pencegahan BNPT

0
199

Makassar, ddisulsel.or.id – Sesi tanya jawab menghadirkan Guritta Safaruddin Latief sebagai penanya pertama pada Dialog yang mengusung tema “Pencegahan Paham Radikal Terorisme” yang digelar oleh Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) bersama Darud Da’wah Wal Irsyad (DDI) Sulawesi Selatan,

Brigjen Pol A Nurwahid selaku Direktur BNPT Pusat pun menjelaskan beberapa ciri-ciri dari radikalisme, sehingga dari ciri-ciri tersebut mengindikasikan bahwa seseorang telah terpapar paham radikal.

“Ada lima ciri dan indikasi seseotang telah terpapar paham radikal, yang pertama adalah anti pancasila misalnya kapitalisme, sekulerisme, liberalisme, komunisme, khilafah serta wahabisme.

Yang kedua adalah menganut paham takfiri sehingga ia mudah mengkafirkan seseorang yang tidak sepaham dengannya. Eksklusif dan intoleransi terhadap perbedaan dan keberagaman menjadi poin ketiganya. Sedangkan yang ke empat orang itu anti pemerintahan yang sah dan membangun kebencian masyarakat terhadap negara dan pemerintah dan disebar melalui hoax, fitnah, adu domba serta ujaran kebencian. Terorisme yang anti budaya dan kearifan lokal biasanya juga terjadi dan ini menjadi poin kelimanya” terang Ahmad Nurwahid.

Hal senada pun dilanjutkan oleh Ust Muammar Bakry dalam penjelasannya mengenai tipologi muslim di Indonesia yaitu sebanyak 39.43% yang berpaham nationalist oriented, sedangkan 42.47% nya berpaham nationalist religious dan yang terakhir ungkapnya 18.10% berpaham religious oriented.

Dialog ini pun dihadiri oleh Kasubdit Kontra Propaganda Kolonel Pas Drs Jatmiko yang sebelumnya memberikan sambutannya, hadir pula Ketua Majlis Istisyar PB DDI H Alwi Nawawi, beberapa Ketua PB DDI dan Pengurusnya, Karo UIN Alauddin Makassar Dr Kaswad Sartono, Kasi PAIS Kemenag Makassar Dr Shaifullah Rusmin, Kasi PD Pontren Kemenag Makassar Hasdan Pinang, dan para peserta dialog.

Untuk lebih lengkapnya isi pertanyaan Gurutta Safaruddin Latief dan jawabannya dapat dilihat pada video dibawah ini.