Haul Anregurutta Ambo Dalle

0
253
Haul Anregurutta Ambo Dalle

Pinrang, ddi.or.id – Ribuan warga DDI kembali berkumpul untuk memperingati Haul XXVI Anregurutta Aburrahman Ambo Dalle. Bertempat di Pondok Pesantren DDI Kaballangan Kabupaten Pinrang Sulawesi Selatan, pada Selasa (29/11/2022).

DDI Kaballangan adalah pesantren terakhir yang dibesut langsung oleh Gurutta Ambo Dalle. Pesantren yang berjarak kurang lebih 200 kilometer dari kota Makassar ini, dalam catatan sejarah DDI didirikan oleh Gurutta Ambo Dalle selepas beliau kembali dari hutan setelah sempat dibawa atau diculik, menurut beberapa sumber, oleh DI/TII Kahar Muzakkar.

Bersatu Kembali

Peringatan haul kali ini terasa istimewa, karena berlangsung setelah kemelut yang mendera DDI selama lebih kurang dua dekade, dan kembali menyatu dalam satu ikatan DDI, Darud Da’wah wal Irsyad.

Pimpinan DDI Kaballangan, M. Rasyid Ridha Ambo Dalle, dalam sambutannya begitu semangat dan antusias atas hajatan ini. Dengan senyum sumringah yang pernah luput dari wajahnya sepanjang perhelatan, menyambut gembira berkumpulnya kembali warga dan alumni DDI pada hari itu.

“Semoga berkumpulnya kita di tempat ini menjadi awal yang baik untuk kebangkitan DDI di masa yang akan datang” harap putra bungsu Gurutta Ambo Dalle ini.

Selain Haul Anregurutta Ambo Dalle , kegiatan ini juga dirangkaikan dengan peringatan mauli nabi saw, dihadiri oleh sebagian anggota FORKOPIMDA kabupaten Pinrang beserta jajaran.

Hadir pula Majelis Syuyukh PB DDI, Ketua Umum PB DDI, Anregurutta Prof Syamsul Bahri A Galigo, Wakil Ketua umum, Anregurutta Helmy Ali Yafie, Sekretaris Jenderal PB DDI, Anregurutta  Muhammad Suaib Tahir, beserta beberapa Kepala Lembaga dan anggota dalam struktur PB DDI.

Di samping itu, hadir juga beberapa pimpinan pondok pesantren DDI di Sulawesi Selatan dan Barat, serta pengurus inti Pengurus Wilayah DDI Sulawesi Selatan, Ketua Umum, Gurutta Andi Aderus, Sekretaris Umum, Gurutta Prof Muammar Bakry, beserta Bendahara Umum, Andi Taufiq Eka Putra.

Dirangkai dengan Porseni

Rangkaian peringatan Haul Anregurutta Ambo Dalle ini juga disemarakkan dengan Porseni Antar Pondok Pesanten DDI di Sulawesi Selatan dan Barat  yang dimeriahkan oleh tak kurang dari sepuluh pondok pesantren DDI. Di antaranya, Pondok Pesantren DDI Ujung Lare Parepare, Pondok Pesantren DDI Mangkoso, Pondok Pesantren DDI Tobarakka Wajo dan Pondok Pesantren DDI Baruga Majene Sulawesi Barat.

Diharapkan melalui ajang Poseni ini bisa memperkuat rasa persaudaraan, Ukhuwwah Ad-Dariyah, antar pondok pesantren DDI dan terlbih lagi bagi para santrinya.