Puasa Arafah dan Keutamaan 10 Hari Awal Zulhijjah

0
189

AG. Prof. Dr. H. Muh. Faried Wadjedy, Lc., MA.

KEUTAMAAN SEPULUH HARI AWAL ZULHIJJAH

Dari Ibnu Abbas, Rasulullah s.a.w bersabda:

مَامِنَ أَيَّامٍ اَلْعَمَلُ الصَّالِحُ فِيْهَاأَحَبُّ إِلَى اللهِ عَزَّوَجَلَّ مِنْ هَذِهِ الْاَيَّامُ، يَعْنِى أَيَّامَ الْعَشْرِ. قَالُوا : يَارَسُوْلَ اللهِ. وَلَالْجِهَادُفِى سَبِيْلِ اللهِ ؟ قَالَ : وَلَاالْجِهَادُ فِى سَبِيْلِ اللهِ، إِلَّارَحُلٌ خَرَجَ بِنَفْسِهِ وَمَالِعِ ثُمَّ لَمْ يَرْجِعْ مِنْ ذَلِكَ بِشَيْئٍ. (رواه البجارى)

Artinya:

Tiadalah amal-amal shaleh dalam beberapa hari yang paling dicintai Allah dari pada hari-hari ini, yakni sepuluh hari (awal zulhijjah).

Sahabat-sahabat bertanya : Jihad Fi sabilillah juga kalah?

Rasul menjawab : Jihad Fi sabilillah juga kalah, kecuali bila seseorang pergi berjihad dengan dirinya dan hartanya, dan tidak ada yang kembali. (HR: Bukhari, Tirmizi, Abu Daud dan Ibnu Majah).

Menurut Riwayar At Tabrani dalam Mu’jam Kabir, Rasulullah s.a.w bersabda.

مَامِنْ أَيَّامٍ أَعْظَمُ عِنْدَاللهِ، وَلَاأَحَبُّ إِلّى اللهِ اَلْعَمَلُ فِيْهِنَّ مِنْ أَيَّامِ الْعَشْرِ. فَأَكْثِرُوْا فِيْهِنَّ مِنَ التَّسْبِيْحِ وَالتَّحْمِيْدِ، وَالتَّهْلِيْلِ وَالتَّكْبِرِ.

Artinya:

Tiadalah beberapa hari paling agung disisi Allah dan yang paling disenangi amal-amal shaleh padanya daripada hari-hari sepuluh hari awal zulhijjah, maka perbanyaklah tasbih, tahmid, tahlil, dan takbir pada hari-hari itu.

Dari Sahl bin Sa’d. Rasulullah s.a.w bersabda:

مَنْ صَامَ يَوْمَ عَرَفَةَ غُفِرَلَهُ ذَنْبُ سَنّتَيْنِ مُتَتَابِعَيْنِ (رواه ابويعلى)

Artinya:

Barang siapa puasa pada hari Arafah diampunkan baginya dosa dua tahun berturut-turut (HR. Abu Ya’la).

Dari Ubadah bin as Shamit Rasulullah saw bersabda:

مَنْ أَحْيَالَيْلَةَ الْفِطْرِوَلَيْلَةَ الْاَضِحَى لَمْ يَمُتْ قَلْبُهُ يَوْمَ تَوْتُ الْقُلُوْبُ. (رواه الطبرانى)

Artinya:

Barang siapa menghidupkan (menyemarakkan dengan ibadah utamanya takbir) malam Idul Fitri dan malam Idul Adha, hatinya takkan mati pada hari matinya hati manusia (HR. Tabrani).

Dari Muaz bin Jabal. Rasulullah saw bersabda:

مَنْ اَحْيَاالَّليَالِيَ الْخَمْسِ وَجَبَتْ لَهُ الْجَنَّةُ : لَيْلَةَ التَّرْوَيَةِ، وَلَيْلَةَعَرَفَةَ، وَلَيْلَةَ النَّحْرِ، وَلَيْلَةَ الْفِطْرِ، وَلَيْلَةَ النِّصْفِ مِنْ شَعْبَانَ. (رواه الاصبهانى)

Artinya:

Barang siapa menghidupkan malam yang lima, sangat pantaslah dimasukkan dalam surga: malam tarwih (8) malam Arafah (9) malam lebaran/pemotongan (10) malam Idul Fitri dan malam nusfu Sya’ban. (HR. Asbahani)

Dari Buraedah berkata:

إِنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ لَايَخْرُجُ يَوْمَ الْفِطْرِ حَتَّى يَأْكُلَ، وكَانَ لَايَأْكُلُ يَوْمَ النَّخْرِحَتَّى يُصَلِّىَ. (رواه الترمزى وابن ماجه)

Artinya:

Bahwasanya Rasulullah saw tidak keluar pada hari Idul Fitri sebelum makan, dan tidak makan pada hari Idul Adha sehingga selesai shalat. (HR. Tirmizi dan Ibnu Majah).

Riwayat Bukhari dari Jabir dan Muslim dari Abu Huraerah:

كَانَ اِذَاخَرَجَ إِلَى الْعِيْدِخَالَفَ الطَّرِيْقَ.

Artinya:

Rasulullah saw jika keluar pergi berhari raya (shalat) beliau menempuh jalan yang berbeda waktu pergi dan pulangnya.